Tuesday, July 17, 2007

KMHDUI

KMHDUI merupakan satu-satunya organisasi ke-Hindu-an yang menaungi mahasiswa-mahasiswi Hindu yang ada di Universitas Indonesia. KMHDUI singkatan dari Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Indonesia. Dari sejarahnya, KMHDUI bukanlah organisasi Hindu yang pertama di Universitas Indonesia. Namun organisasi sebelum KMHDUI mengalami kevakuman yang akhirnya tidak terlihat lagi aktivitasnya.

Melihat kondisi ini, mahasiswa-mahasiswi Hindu Universitas Indonesia angkatan 90-an, mengambil inisiatif untuk membangkitkan kembali organisasi Hindu yang dimaksudkan sebagai wadah untuk berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas religius dari mahasiswa-mahasiswi Hindu Universitas Indonesia. Berawal dari kelas agama Hindu yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi angkatan 90, diprakarsailah sebuah pertemuan seluruh mahasiswa Hindu Universitas Indonesia yang dimaksudkan untuk membicarakan perihal organisasi Hindu ini. Akhirnya terwujudlah pertemuan yang dimaksud yang diadakan di Pura Aditya Jaya Rawamangun pada tanggal, xx Februari 1990. Dari pertemuan inilah cikal bakal lahirnya KMHDUI.

Sejak berdirinya KMHDUI, tidak sedikit kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan. Bahkan kegiatan-kegiatan tersebut sudah cukup mengharumkan nama KMHDUI di kalangan umat Hindu di Jakarta. Pada awal berdirinya, KMHDUI sering menyumbang acara tarian dalam setiap kegiatan-kegiatan. Bahkan KMHDUI juga pernah mengisi acara tari di televisi. KMHDUI juga pernah melaksanakan kegiatan Tirta Yatra ke tempat-tempat suci yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. KMHDUI juga tidak hanya aktif di kegiatan-kegiatan internal. Dalam hubungan eksternal, KMHDUI juga aktif membangun komunikasi positif dengan mahasiswa-mahasiswi Hindu dari Universitas lain. KMHDUI dalam perannya di komunitas mahasiswa Hindu secara nasional, turut mempelopori lahirnya wadah mahasiswa Hindu yang bersifat nasional yang sekarang dikenal dengan nama KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia).

Untuk tahun-tahun terakhir, kegiatan-kegiatan yang dilakukan juga tidak kalah dengan kegiatan-kegiatan di awal berdirinya KMHDUI. Sudah 5 kali KMHDUI mengadakan kegiatan HFG (Hindu Family Gathering) yang merupakan acara yang diperuntukan untuk meningkatkan komunikasi dan tali kekeluargaan di antara mahasiswa-mahasiswi Hindu se Jabodetabek. Sejak awal kegiatan HFG ini, telah mendapat sambutan yang hangat dari mahasiswa-mahasiswi Hindu se Jabodetabek dan akhirnya kegiatan ini selalu dinantikan setiap tahunnya. Selain kegiatan HFG, kegiatan Dharma Shanti juga telah menjadi kegiatan yang diadakan setiap tahun. Dari sisi kesenian, KMHDUI juga udah beberapa kali mengisi undangan menari dari berbagai kegiatan. Bahkan saat ini, KMHDUI telah memiliki team Band yang selalu diundang dalam setiap kegiatan mahasiswa-mahasiswi Hindu di Jakarta.

Dari berbagai kegiatan-kegiatan KMHDUI ini, tidak sedikit manfaat yang didapat oleh anggota-anggotanya. Melalui kegiatan-kegiatan KMHDUI, para anggota menjadi lebih akrab antara satu anggota dengan anggota yang lain. Selain itu, dengan KMHDUI, setiap anggota bisa mengekspresikan dirinya sebagai mahasiswa Hindu. Walaupun terdengar sepele, namun hal ini menjadi point utama dari keberadaan KMHDUI. Dengan wadah KMHDUI, masing-masing anggota bisa bersama-sama mendalami ajaran agama Hindu yang mungkin selama ini jarang didapat. Dengan KMHDUI juga setiap anggota dapat melakukan kegiatan-kegiatan religius seperti sembahyang bareng ke Pura-pura yang ada di Jakarta, berdiskusi dengan topik-topik agama ataupun saling sharing pengetahuan agama. Bahkan manfaat sampingan dari kegiatan-kegiatan KMHDUI adalah bertemu dengan jodoh masing-masing. Tidak sedikit pasangan yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan KMHDUI.

Dengan manfaat yang tidak sedikit ini, tentunya besar harapan bahwa KMHDUI bisa terus eksis untuk memberikan manfaatnya kepada anggota dan calon-calon anggota berikutnya. Ke depannya, personal anggota pasti berubah. Demikian pula sifat dan pola pikir personalnya. Jenis-jenis kegiatan KMHDUI juga mungkin akan berubah sesuai dengan kondisi zaman. Namun ada satu hal yang jangan sampai berubah, yaitu semangat kekeluargaan KMHDUI dan fungsinya sebagai wadah bagi mahasiswa-mahasiswi Hindu Universitas Indonesia dalam mengekspresikan dan mengaktualisasi dirinya sebagai mahasiswa Hindu. Dalam hal ini, KMHDUI harus selalu berbenah diri agar setiap anggota bisa merasakan manfaat-manfaat ini. KMHDUI sebagai wadah, mungkin tidak bisa otomatis memberikan manfaat-manfaat tersebut. Tetapi masing-masing anggota akan merasakan manfaat-manfaat tersebut setelah mengikuti dan berperan aktif dalam setiap kegiatan KMHDUI.

Sebagai penutup, Semoga semangat kekeluargaan KMHDUI bisa selalu hidup dan dirasakan oleh anggota-anggota KMHDUI disetiap generasinya.